GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Bentuk Rasa Syukur, Pemdes Beber Bersama Warganya Melestarikan Adat Acara Guar Bumi

MAJALENGKA,SIDIKJARI.CO.ID.
Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh Pemdes bersama warga masyarakat di Desa Beber, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka. Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunianya yang diberikan kepada warga.

Pantauan awak media sidikjari.co.id terlihat kekompakan masyarakat Desa Beber yang berbondong - bondong membawa nasi tumpeng dll.

Pelaksanaan Sedekah Bumi melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, para Ketua Rukun Tetangga (RT), Ketua Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama dan perempuan dan masyarakat desa.

Pada kesempatan ini Kepala Desa Beber Hafid menyampaikan kepada awak media sidikjari.co.id bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar. "Tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini", paparnya.

"Harapan urang sadayana Mugia usaha tatanen musim tanam tahun ayeuna Sing kapetik hasilna ka ala buahna barokah kanggo urang sadayana",imbuhnya.

Lanjut Kades, acara sedekah bumi sudah merupakan tradisi tahunan. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai doa permohonan masyarakat Desa Beber umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala/wabah pandemic yang sedang melanda Indonesia, Jelasnya Kades Beber.

(Rian).

Komentar0

Type above and press Enter to search.