Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Jemput Bola Hingga Ke Pelosok Desa, Ada Apa Ya?

- Senin, 22 Mei 2023 | 14:11 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Diskominfo Purwakarta )
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Diskominfo Purwakarta )

SIDIK JARI - Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus melakukan berbagai inovasi dalam menyelenggarakan pelayanan publiknya, termasuk dalam memperkuat data adminsitrasi kependudukan bagi warganya.

Meski sudah memiliki pelayanan administrasi kependudukan yang sudah terintegrasi dengan baik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) Bale Madukara, Pemkab Purwakarta juga terus melayani secara proaktif warganya dengan membuat program Kelambu (Kegiatan Pelayanan Masyarakat di Hari Rabu) dan Lampu Umat (Pelayanan Jemput Bola di Hari Jumat).

Baca Juga: Yuk, Jangan Sampai Ketinggalan, Purwakarta Job Fair 3.715 Lowongan Kerja, Ini Cara Daftarnya Gratis

Baca Juga: Pantai Terjorok di Indonesia, Pandarawa Grup Ajak Masyarakat Sekitar Bersih- Bersih Sampah

Baca Juga: Siswa SMP Kemudikan Mobil Baru, Sempat Joget Hingga Akhirnya Terbalik

Dua inovasi yang digagas Bupati Purwakarta melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta itu merupakan bentuk pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cara menerjunkan petugas untuk jemput bola mendatangi langsung masyarakat.

Salah satu keberhasilan dari program itu adalah kepemilikan dokumen kartu keluarga (KK) di Purwakarta yang hampir mencapai 100 persen.

Baca Juga: Instagram Down, Warganet Berkeluh Kesah Di Twitter

Baca Juga: Banjir Rezeki! 5 Weton yang Bisa Makmur Kaya Raya Bak Kesayangan Malaikat

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, dua program itu khusus diprioritaskan untuk melayani masyarakat yang tinggal dipelosok desa atau di desa terluar Purwakarta.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Bagi Warga Bandung

“Program itu diarahkan bagi warga yang lokasi desanya jauh dipelosok atau berada di perbatasan dengan daerah kabupaten lain. Kepada mereka kita memberikan pelayanan dengan cara jemput bola. Petugas dari Disdukcapil diterjunkan langsung mendatangi mereka,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Senin, 22 Mei 2023.

Baca Juga: Agus M Yasin: Ahmad Sanusi Menjadi Pemicu Cerainya Anne Ratna Mustika dan Dedi Mulyadi

Langkah itu, lanjut Bupati Anne,, untuk memastikan warga di pelosok desa mendapatkan pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan dokumen lainnya.

Baca Juga: Ribuan Ibu Hamil di Purwakarta Ditargetkan Dapat Pelayanan USG Gratis

Halaman:

Editor: Aris Suandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X