• Sabtu, 8 Oktober 2022

Waspada dan Kenali Tanda - tanda Penyakit Ginjal

- Selasa, 7 Juni 2022 | 17:31 WIB
ilustrasi Waspada dan Kenali Tanda - tanda Penyakit Ginjal  ((foto : Alodokter.com))
ilustrasi Waspada dan Kenali Tanda - tanda Penyakit Ginjal ((foto : Alodokter.com))

SIDIK JARI - Penting untuk mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal. Selain itu, penyakit ini seringkali terlambat untuk dikenali karena memiliki tanda-tanda yang mirip dengan kondisi dan tanda penyakit lainnya. Dengan mengenali gejalanya, langkah pengobatan  dapat dimulai dengan tepat dan sesegera mungkin.

Di Indonesia, penyakit ginjal merupakan salah satu dari 10 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Karena itu, Anda perlu lebih waspada dan hati-hati mewaspadai tanda-tanda penyakit ginjal. Semakin dini penyakit ginjal terdeteksi, semakin baik pengobatannya. Dengan cara ini, penyakit ginjal yang diderita dapat terkontrol dengan baik dan bahkan  fungsi ginjal  kembali normal.

 Baca Juga: Dedi Corbuzier Resmi Nikahi Sang Kekasih

Dikutip dari Alodokter.com berikut tanda -tanda penyakit ginjal.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Sebelumnya telah disebutkan bahwa penyakit ginjal kerap tidak menimbulkan gejala atau tanda pada tahap awal. Meski begitu, Anda perlu waspada bila mengalami tanda-tanda berikut ini:

  1. Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penderitanya mudah alami kelelahan dan sulit konsentrasi.

Baca Juga: Atalia Istri Ridwan Kamil : Kamu dimana? Dimana, Ril? Sini pulang

  1. Kulit gatal

Tanda-tanda penyakit ginjal selanjutnya adalah kulit gatal. Kulit penderita penyakit ginjal bisa menjadi mudah gatal karena pengaruh dari fungsi ginjal yang tidak bisa membuang racun di dalam darah dengan baik.

  1. Kram otot

Ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh dapat terjadi saat alami gangguan fungsi ginjal. Kekurangan atau kelebihan elektrolit tertentu bisa mengganggu kinerja otot dan saraf, sehingga penderitanya rentan mengalami kram otot.

Halaman:

Editor: Aris Suandi

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X