• Sabtu, 8 Oktober 2022

Menkes Akan Bentuk Dana Persiapan Pandemi

- Senin, 6 Juni 2022 | 17:35 WIB
 Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin saat konfrensi pers   ((Dok: sehatnegeriku.kemenkes.go.id))
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin saat konfrensi pers ((Dok: sehatnegeriku.kemenkes.go.id))

SIDIKJARI– Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pertemuan Health Working Group kedua ini salah satunya akan memformalkan pembentukan dana persiapan pandemi.

“Kita mau memformalkan pembentukan persiapan dana pandemi. Jadi kalau ada pandemi lagi di ke depannya harus ada cadangan dananya,” katanya saat konferensi pers Health Working Group ke dua di Lombok, Senin (6/6).

Baca Juga: BPK Temukan Bansos Rp.6,9 M Tidak Tepat Sasaran,Komite VIII DPR RI Pertanyakan Kepada Mensos

Selanjutnya yang mau dicapai adalah bagaimana menggunakan dana ini untuk mengakses obat-obatan yang dibutuhkan selama pandemi, termasuk vaksin, dan alat tes diagnostik.

“Dana untuk pandemi selanjutnya itu sudah terbentuk, mudah-mudahan nanti September bisa formal itu nanti ada di bawah World Bank,” ucap Menkes Budi.

Terkait penggunaan dan distribusi dana tersebut, ia lebih merekomendasikan WHO. Pasalnya WHO yang lebih mengerti kondisi kesehatan secara global dan negara prioritas mana saja yang memerlukan pendanaan saat terjadi pandemi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bersama Perdana Menteri Australia Bersepeda Bambu

“Kita di sini inginnya kalau bisa WHO yang lebih ke depan karena WHO yang ngerti negara-negara mana yang harus diprioritaskan,” tuturnya.

Dikatakan Budi, kita juga akan mengusulkan untuk merangkul institusi-institusi dunia yang sebelumnya sudah sukses melakukan pendistribusian seperti vaksin.

Halaman:

Editor: Aris Suandi

Sumber: sehatnegeriku.kemekes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X