• Kamis, 1 Desember 2022

Dinkes Kabupaten Majalengka Bentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:21 WIB

SIDIKJARI.MAJALENGKA,- Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka selenggarakan koordinasi lintas sektor dalam upaya Penguatan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa (TPKJM), kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Majalengka, bertempat di Meeting Room Garden Hotel, Rabu,(05/10/2022).

Turut serta menghadiri kegiatan tersebut Ketua Komisi IV DPRD Kab.Majalengka, Asda 1, Dirut RSUD Cideres, Para Camat se-Kab.Majalengka, para Kepala Puskesmas se-Kab.Majalengka serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Sepakati Poin Tuntutan Buruh, Kapolres Majalengka Dan Forkopimda Kabupaten Majalengka Gelar Audiensi

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Majalengka, H.Agus Susanto, S.Sos., M.Si, menyampaikan bahwa masalah kesehatan merupakan hal yang komplek tidak hanya berbicara tentang kesehatan fisik namun kesehatan psikis juga harus menjadi perhatian bersama, menurut data laporan, adapun analogi gambaran kesehatan jiwa 1 dari 4 orang terindikasi beresiko mengalami gangguan jiwa, 1 dari 10 orang mengalami gangguan mental emosional dan 1 dari 16 orang mengalami depresi, selain itu 2 dari 1.000 orang dibuktikan mengalami resiko gangguan jiwa berat. Pelayanan kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat merupakan standar pelayanan minimal kesehatan di Kab.Majalengka yang wajib dilaksanakan.

Dalam Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kab.Majalengka,  Pemda Kab.Majalengka telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Jiwa Marzuki Mahdi di Bogor, dengan kontribusi pengiriman pasien ODGJ pada kurun waktu di tahun 2021 silam telah memberangkatkan 3 sampai 4 kali pemberangkatan pasien ODGJ ke RSJ Marzuki Mahdi untuk diberikan pengobatan.

Baca Juga: Ucap kata 'Mati' Berulang kali, Dua Oknum Polisi Tertawa Lihat Kerusuhan Kanjuruhan Dalam Mobil

Sasaran pelayanan ODGJ berat di Kab.Majalengka pada tahun 2021 sejumlah 1.450 orang, dengan hasil yang dicapai dalam penanganannya dan telah diobati sejumlah 1.447 orang, sehingga pencapaian penanganan ODGJ berat di Kab.Majalengka pencapaiannya adalah 99.79℅. Pencapaian tersebut tentunya hasil kerja keras Dinas Kesehatan untuk mewujudkan derajat kesehatan  jiwa yang optimal sesuai dengan siklus kehidupan dengan layanan kesehatan jiwa dengan pendekatan prespektif, kuratif, preventif dan rehabilitatif.

Baca Juga: Sidang Perdana Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Gugat Cerai, Kuasa Hukum DM : Salah Alamat

"Dalam perjalannya adapun berbagai hambatan dalam penanganan pelayanan terhadap ODGJ di Kab.Majalengka salah satunya yaitu belum mempunyai Rumah Sakit atau ruang perawatan gangguan jiwa, namun kedepan setelah berdiskusi dengan 2 Direktur RSUD di Kab.Majalengka kedepannya akan menyediakan layanan perawatan kesehatan untung orang dengan gangguan jiwa tersebut," Jelas Agus.

Halaman:

Editor: Rian. SJ

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X