• Jumat, 1 Juli 2022

Tingkatkan Kemampuan Tempur, Siswa Dikkomando Marinir Angk.168 Laksanakan Latihan Berganda Tahap Hutan

- Rabu, 11 Mei 2022 | 15:33 WIB
Foto:  Siswa Dikkomando Marinir Angk.168 Laksanakan Latihan
Foto: Siswa Dikkomando Marinir Angk.168 Laksanakan Latihan

SIDIKJARI,BANYUWANGI - Untuk meningkatkan kemampuan tempur sebagai prajurit komando, sebanyak 274 siswa pendidikan komando (Dikkomando) Marinir Angkatan 168 TA 2021 yang terdiri dari Taruna Marinir AAL Angkatan LIX  dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Marinir XLI/1TA 2021 Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal, melaksanakan Latihan Berganda dalam tahap hutan dan gunung  yang dipimpin langsung oleh Komandan Sekolah Tamtama Marinir (Dansetaifmar) Mayor Marinir Nofry G.Kaloh, M.Tr. Opsla di wilayah hutan dan gunung Selogiri, Banyuwangi. Rabu (11/05/2022).

Baca Juga: Ketua Komisi 1 : Jangan sampai slogan Purwakarta Istimewa menjadi Purwakarta Tidak Istimewa

Latihan Berganda  yang dilaksanakan  oleh para Siswa Dikkomando  Marinir Angkatan ke-168 merupakan latihan akhir  pada Tahap Hutan dan Gunung  dengan mengaplikasikan seluruh materi tempur Prajurit Komando selama tahap hutan dan gunung sebagai bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan serta menguji kemampuan para siswa. Hal ini juga selaras dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman .

Baca Juga: Pagi Hari, Beberapa Rumah di Desa Lojikobong di Sambar Petir

Ditemui saat berlangsungnya latihan tersebut, Mayor Marinir Nofry G. Kaloh menyampaikan bahwa dalam skenario latihan Siswa Dikkomando melaksanakan patroli tempur untuk mengejar musuh yang melarikan diri masuk ke wilayah hutan dengan situasi dan kondisi medan yang menantang serta terdapat banyak rintangan alam maupun buatan.

Baca Juga: Kolaborasi Pemkab Bersama Kodim 0619 Purwakarta Dalam Percepatan Pembangunan Melalui Program TMMD 113

"Dalam latihan berganda pada tahap hutan dan gunung ini, para Siswa Dikkomando harus memiliki kondisi fisik yang prima serta mental baja karena harus melaksanakan beberapa problem antara lain kontak depan, kontak tengah dan kontak belakang, penyergapan dan purjumpa dihadapkan dengan medan-medan yang berhutan lebat di rangkaian ketinggian yang penuh dengan rintangan alam serta jebakan-jebakan improvisasi maut buatan musuh," tandasnya. (yosafat rh)

Editor: Aris Suandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komandan Kodikmar Pimpin Rapat Kesiapan Lattek

Senin, 27 Juni 2022 | 18:38 WIB

Satgas Marinir Siap Amankan Blok Ambalat

Jumat, 17 Juni 2022 | 20:24 WIB
X