GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Korem 063/SGJ Kodam III Siliwangi, 181 Calon Komcad Ikut Seleksi

CIREBON,SIDIKJARI.CO.ID,-
Korem 063/SGJ, Kodam III/Siliwangi menggelar seleksi calon anggota komponen cadangan (Komcad) yang berasal Karawang, Subang dan Purwakarta di Komplek Makorem 063/SGJ, Jalan Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon, Rabu (2/6/2021).

Komcad sebagai bagian integral pertahanan negara merupakan kewenangan pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut.

Komcad melibatkan seluruh sumber daya nasional dan sarana prasarana nasional dengan sumber pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. 

Sesuai dengan Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan negara, maka anggota Komcad adalah wajib bagi warga negara yang telah memenuhi persyaratan. 

Pembinaan Komcad dilakukan oleh Kementerian Pertahanan, berbeda dengan Cadangan TNI/Bala Cadangan. Pembinaan Cadangan TNI/Bala Cadangan dilakukan oleh Panglima TNI. 

Komcad adalah salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara, seluruh sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional dalam usaha pertahanan negara.

Sebelum mengikuti seleksi di Kodam III/Slw, calon Komcad yang berada di wilayah Korem 063/SGJ terlebih dahulu mengikuti seleksi selama dua hari ke depan. Materi yang diujikan antara lain pemeriksaan administrasi, kesegaran jasmani meliputi lari, pull up dan renang dasar, serta tes akademik.

Di sela kesibukan Kepala Staf Korem (Kasrem) 063/SGJ  Letkol Inf Heri Rustanto menyampaikan Korem 063/SGJ merupakan Subpanda (panitia daerah) pendaftaran dan seleksi calon anggota Komcad. Setelah dinyatakan layak, maka calon peserta berhak mengikuti tes selanjutnya di Rindam III/Slw pada pejan kedua Juni 2021.

“Agar penyelenggara tetap mengedapankan faktor keamanan di dalam pelaksanaan kegiatan. Serta, transparan dan objektif dalam kegiatan seleksi awal ini. Sehingga calon peserta Komcad dari wilayah Korem 063/Sgj dapat dan mampu bersaing dengan wilayah-wilayah lainnya,” ucap Kasrem.

Tidak Lupa, Kasrem menekankan kepada panitia seleksi calon anggota Komcad untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi ini. 

Kasrem juga menegaskan, para peserta dan masyarakat pendaftaran calon anggota Komcad tidak dipungut biaya alias gratis. "Untuk hari ini yang mengikuti tes berjumlah 181 orang dari tiga wilayah yaitu Karawang, Subang dan Purwakarta," ucapnya. (Red)

Komentar0

Type above and press Enter to search.