GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Bimtek Verifikasi dan Validasi DTKS Bantuan Sosial Pangan Tahun 2020

MAJALENGKA,- Kegiatan Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi dua Kecamatan, Palasah dan Jatiwangi, Acaranya diruang rapat Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka(04/03/2020)Rabu.

Koordinator TKSK Kabupaten Majalengka Rully Hoerul Hamdani mengatakan Dinas Sosial Kabupaten Majalengka dan Tikor Penanggulangan Kemiskinan melalui Bidang Pengendalian Data dan Evaluasi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu Next Generation (SIKS-NG) untuk Kecamatan Se-Kab. Majalengka.

“Bimbingan Teknis ini dihadiri Kabid Dayarehsos Fm Asikin, Kasi FM Erna, Staf bidang Ali Nurjaman dan narasumber dari Dinas Sosial Iik dan Fani”. Harapan kedepan mudah-mudahan kegiatan verifikasi dan validasi DTKS berbasis aplikasi SIKS-NG ini bisa menjadi prioritas anggaran kegiatan di Desa sebagaimana tercantum dalam Permendes No 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020. Tutur Rully

Ditempat yang sama TKSK Palasah Neneng Cahya Yuliawati mengatakan, adapun tujuan dari verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (SIKS-NG) yaitu menjadikan desa sebagai basis awal pengumpulan dan pengolahan untuk menghasilkan satu data kemiskinan terpadu yang valid termutakhirkan sebagai dasar rujukan penentuan sasaran intervensi program pengentasan kemiskinan bagi semua OPD, mengidentifikasi keberadaan personal/keluarga/rumah tangga yang tercatat dalam Data Terpadu (meninggal, pindah, mampu, tidak ditemukan anggota keluarga) yang mana pengesahan proses hasil verval ini dilakukan melalui musdes/muskel,” Ucap Neneng

Camat Palasag Munadjat Subiyantara, BA, mengatakan Sedangkan tujuan dari adanya Data Penerima BPNT yaitu mengidentifikasi keberadaan personal/keluarga (meninggal, pindah, mampu, tidak ditemukan, anggota keluarga),”Data miskin di Kecamatan Palasah Tahun 2018-2019 sebanyak 3.648 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 47.350 jiwa. Artinya di Kecamatan Palasah untuk masyarakat miskin sebanyak 7%, Ucap Camat, (Saliah.W)

Komentar0

Type above and press Enter to search.