GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Fajar Shidik : program untuk petani jangan hanya pelatihan saja

MAJALENGKA,SIDIKJARI.CO.ID,-
Anggota Komisi II DPRD kabupaten Majalengka Fajar Shidik meminta program kerja untuk Pertanian di Majalengka agar dilakukan secara menyeluruh dan menyasar para petani. Hal ini penting karena petani adalah ujung tombak pertanian khusunya di kabupaten Majalengka, sehingga program kerja untuk petani selayaknya menyasar dan bermanfaat bagi kaum petani, katanya Jumat (13/08).

Selain itu Ia berpesan agar program kerja untuk petani tidak berorientasi hanya pada pelatihan-pelatihan saja yang selama ini terus berjalan

“Saya berharap agar program-program untuk pertanian dilaksanakan jangan hanya berorientasi pada pelatihan melulu, sudah saatnya sebaiknya kegiatan direlokasikan pada kegiatan yang ril dilapangan," pintanya.

Politisi asal selatan ini menambahkan, Perencanaan sebaiknya dimulai dari kegiatan yang dibutuhkan oleh petani, dan menjadi skala prioritas, seperti pembangunan jalan usaha tani guna untuk memudahkan akses pertanian, selain itu petani juga sangat membutuhkan dibangunnya saluran irigasi yang memadai, dan semua program tersebut menurutnya dilakukan secara swakelola, dengan harapan adanya pemberdayaan bagi masyarakat setempat, imbuhnya.

Lebih lanjut politisi PPP ini mengatakan, dengan program swakelola tersebut selain akan timbul pemberdayaan bagi masyarakat, para petani juga akan mempunyai tanggung jawab secara administrasi dan teknis dalam pengerjaan, diharapkan dinas terkait bisa memberikan arahan agar program tersebut berjalan lancar dan tidak ada masalah kedepannya,  melalui pendalaman dan penelaahan lebih detail akan menghasilkan program yang lebih bermanfaat untuk masyarakat khususnya petani.

"Kita berharap dengan adanya program tersebut akan terwujud dan meningkatnya ketahanan pangan masyarakat Indonesia, melalui  peningkatan produksi, nilai tambah dan nilai kualitas yang baik, karena pengelolaan dan tanggung jawab akan diberikan kepada para petani secara langsung atau swakelola," pungkasnya. (salman)

Komentar0

Type above and press Enter to search.