GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Koramil 1903 Darangdan Beri Wasbang kepada pelajar

PURWAKARTA,SIDIKJARI.CO.ID,- Bela negara merupakan suatu tindakan positif yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kepada setiap warga negara yang memiliki hak dan kewajiban dalam membela negaranya.

Dalam kesempatan Danramil 1903/Darangdan Kodim 0619/Purwakarta melalui anggotanya Serka Akri Dani memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dalam upaya meningkatkan pemahaman kesadaran bela negara kepada Siswa/siswi SMKN 1 Bojong Purwakarta.

Pelajaran bela negara itu berguna untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan kebangsaan kepada anak-anak sejak dini di sekolah guna menumbuhkan rasa nasionalisme kepada NKRI.

"Saat ini pemahaman wawasan kebangsaan di lingkungan murid atau pelajar sekolah hanya setengah saja, bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali. Oleh karena itu kita berupaya untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan perjuangan bangsa agar kita memahami dan memahami jati diri bangsa Indonesia," ujar Serka Akri Dani Anggota Koramil 1903/Darangdan, Jumat (25/2/22).

Dijelaskanya, pelajar harus mendapatkan materi bela negara, wawasan kebangsaan dan pilar-pilar bangsa sebagai bekal ilmu. 

"Siswa siswi sekolah harus peduli terhadap apa yang menjadi kewajiban sebagai warga yang baik, salah satunya adalah menghargai para pahlawan, mengikuti upacara bendera setiap hari senin, sifat nasionalisme lainnya," jelas Akri.

Lebih lanjut ia berharap setelah mereka mengikuti kegiatan bela negara dapat menangkal paham radikalisasi, terutama bagi para pemuda agar bisa menularkan kepada orang lain. Bela negara juga sebagai filter dalam memilih ideologi yang sesuai dengan konsensus sebagian besar masyarakat yaitu Pancasila.

"Semoga setelah dilaksanakan diberikan materi bela negara ini, mereka yang mewakili Siswa/siswi yang lain dapat menularkan berbagai pengetahuan bela Negara, kepada teman-temannya secara berkesinambungan," ujarnya

Komentar0

Type above and press Enter to search.