GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Malam Tahun Baru, Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Sumedang Warga Berhamburan Keluar Rumah

SIDIKJARI- Gempa dengan magnitudo (M) 4,8 terjadi di Sumedang, Jawa Barat, malam ini sekitar pukul 20.34 WIB. Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah., Minggu,(31/12/2023).

Guncangan gempa yang ketiga kali terasa lebih kencang dari gempa sebelumnya hingga membuat beberapa warga berhamburan keluar rumah.

Asep (55) salah satunya. Ia mengaku kaget oleh guncangan gempa ketiga yang dirasakannya.

"Gempa lebih terasa bahkan lampu dan gorden terlihat bergoyang," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa pasca-gempa.

"Betul, dua kali gempa. Pertama 4.1 (magnitudo), kedua 3.4, gempa berpusat di titik jalur Sumedang kota. Alhamdulillah, sementara ini aman," ujar Atang kepada Kompas.com melalui sambungan telepon.

Atang menuturkan, pasca-gempa, personel BPBD Sumedang telah bergerak ke lapangan untuk melakukan asesmen dan pemantauan lapangan.

"Untuk sementara ini aman, baik dari personel di lapangan maupun warga belum ada yang melaporkan adanya kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa. Insya Allah, Sumedang aman. Tolong juga kepada media untuk meng-counter informasi yang sudah ramai di media sosial pasca-gempa ini, sampaikan kepada masyarakat, Insya Allah Sumedang aman," kata Atang. 

Komentar0

Type above and press Enter to search.