GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Adian Napitupulu Yakin Hak Angket Solusi Bongkar Kecurangan Pemilu 2024: tidak ada sosok paman disana

Politisi PDIP Adian Napitupulu ( YouTube KompasTV)

SIDIKJARI- Politikus PDI-P Adian Napitupulu meyakini bahwa hak angket yang didorong oleh calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan berjalan dengan lancar. 

Adian menyatakan bahwa hal ini sudah menjadi keinginan rakyat untuk menyelidiki dugaan kecurangan pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau sekarang (hak angket) sepertinya sudah jadi keinginan rakyat," kata Adian kepada wartawan di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2024).

Adian menjelaskan bahwa hak angket juga merupakan pilihan konstitusional bagi DPR. Oleh karena itu, hak angket untuk penyelidikan dan fungsi pengawasan DPR tidak boleh dihalangi oleh siapa pun.

Sebab, Adian menyindir bahwa di DPR tidak ada sosok paman yang akan menghalangi proses pengungkapan kecurangan melalui hak angket.

Paman diduga mengarah pada paman dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, yakni eks Ketua Makhamah Konstitusi (MK) Anwar Usman


Adian Napitupulu yakin bahwa seluruh fraksi di DPR RI mendukung hak angket akan tetapi saat ini anggotanya masih dalam tahap perhitungan suara.

"Kami yakin semuanya mendukung kok. Hanya memang sebagian orang sedang menghitung perolehan suaranya di Pileg (Pemilihan Anggota Legislatif), tetapi semuanya mendukung," ujarnya.

Adian mengatakan persoalan hak angket tak perlu dipersoalkan lagi sebab secara internal PDI Perjuangan kompak untuk mendorong penggunaan hak angket. 

Adian mengatakan seluruh fraksi di DPR RI yang mendukung hak angket sangat kompak dan solid untuk membongkar permainan.

"Menurut saya itu udah enggak perlu dipersoalkan. Kami kompak, solid, dan yang ingin kami lakukan adalah membongkar seluruh permainan di belakang ini, di mana prosesnya yang bisa kita harapkan di hak angket," tuturnya


Adian juga menjelaskan bahwa PDI Perjuangan siap mengajukan hak angket, meskipun saat ini DPR RI sedang menjalani masa reses.

"Kalau ditanya, misalnya, apakah kita siap mengajukan hak angket? Sangat siap. Apakah rakyat juga setuju dengan hak angket? Sangat setuju. Apa menggunakan hak angket adalah hak yang konstitusional? Sangat konstitusional, dan tidak boleh ada suatu kekuatan pun yang menghambat konstitusi bergerak," kata Adian lagi.

Sebelumnya, Adian juga menegaskan bahwa hak angket merupakan solusi terbaik untuk mengadu.

 Jika terjadi kecurangan mau mengadu kemana, lembaga negara saat ini sudah tak dipercaya seperti MK dan Bawaslu

"Di MK, ada paman dari cawapres salah satu paslon dan itulah sebabnya rakyat jadi tak percaya dan hak angket jadi solusi,"tegasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.