GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Apa Manfaatnya Inspektorat Purwakarta?

ilustrasi

SIDIKJARI- Sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat Daerah memiliki peran dan unit kerja yang sangat strategis baik ditinjau dari aspek fungsi dan tanggung jawab dalam manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program pemerintah. 

Dari segi fungsi-fungsi dasar manajemen, Inspektorat Daerah mempunyai kedudukan yang setara dengan fungsi perencanaan atau fungsi pelaksanaan. 

Sedangkan dari segi pencapaian visi, misi dan program-program pemerintah, Inspektorat Daerah menjadi pilar yang bertugas dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten/Kota dan pelaksanaan urusan pemerintahan Kabupaten/Kota, berdasarkan asas desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan.

Seiring dengan semakin kuatnya tuntutan dorongan arus reformasi ditambah lagi dengan semakin kritisnya masyarakat yang didukung dengan teknologi informasi, maka rumusan pengawasan yang sederhana itu tidaklah cukup. 

Masyarakat mengharapkan lebih dari sekedar perbaikan kesalahan, melainkan harus diminta pertanggungjawaban kepada yang bersalah.

Kesalahan harus ditebus dengan sanksi/hukuman, dan bila memenuhi unsur tindak pidana harus diproses oleh aparat penegak hukum, sehingga membuat efek jera bagi pelaku dan orang lain berpikir seribu kali untuk melakukan hal yang sama, sehingga praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) menjadi berkurang dan akhirnya hilang.

Sejauh ini insepektorat Purwakarta tidak di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,dengan ada nya kejadian mantan kades yang di tetapkan tersangka di Purwakarta menunjukan kalau inspektorat Purwakarta terkesan melindungi oknum-oknum kades yang menyalah gunakan anggaran DD,jangan-jangan ada kongkalikong antara inspektorat dan oknum-oknum kades itu,mudah-mudahan APH juga turut memeriksa insepektorat.

Penulis: Sutisna Sonjaya
Ketua DPC Pospera Purwakarta

Komentar0

Type above and press Enter to search.