GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Perpusdes Cidenok Membantu Mencerdaskan Masyarakat

MAJALENGKA,SIDIKJARI.CO.ID,-
Guna merealisasikan Keputusan dari Kemendagri No. 3 Th 2001 tentang pembentukan Perpustakaan desa (Perpusdes) dan meningkatkan minat baca buku kepada generasi penerus. Pemerintah desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka Jawa barat mendirikan Perpusdes yang berlokasi di lingkungan Balai desa setempat.

Kepala Desa Cidenok, Maman Suparman menyebutkan, buku merupakan jendelanya dunia maka tentunya manfaat Perpusdes itu ada banyak.

" Perpustakaan desa merupakan tempatnya persediaan bahan bacaan untuk sumber pengetahuan umum masyarakat. Sehingga hadirnya perpustakaan desa diharapkan bisa mencerdaskan masyarakat desa," ungkapnya, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, tidak hanya bisa mencerdaskan masyarakat, perpustakaan desa juga bisa memberdayakan masyarakat sekaligus mendukung kegiatan pendidikan bertaraf nasional.

" Karena sumber belajar setiap orang terutama generasi penerus itu berasal dari bahan bacaan yang dipelajari mereka demi menambah pengetahuan, wawasan, sekaligus membentuk sikapnya supaya lebih baik dan dewasa, " imbuhnya.

Sementara Sekdes Cidenok Nano Supriatna mengatakan, dengan didirikannya Perpusdes kualitas hidup masyarakat khususnya generasi penerus menjadi lebih baik karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup. 

" Jadi fungsi perpustakaan desa sebenarnya adalah untuk mengorganisasikan bahan bacaan, mengembangkan koleksi buku, dan memberikan layanan kepada masyarakat. Selain itu, perpustakaan desa juga berfungsi untuk tempat belajar masyarakat sekaligus sebagai pusatnya melakukan kegiatan dan mencari informasi, jelasnya.

Diharapkannya, pada masa arus globalisasi seperti sekarang ini dimana tekhnologi informasi melalui handphone Android atau Smartphone menguasai minat generasi penerus, minat baca buku juga dapat digemari oleh para generasi penerus.

Sementara itu  Pengunjung Perpusdes,  Suenti yang juga tenaga pendidik MI Miftahul Huda Cidenok  sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah desa Cidenok dengan mendirikan Perpusdes.

 " Dengan adanya Perpusdes ini, kami merasa terbantu, dimana untuk sarana belajar yang biasanya di sekolah, murid-murid bisa belajar di Perpusdes, sehingga cara belajar mengajar tidak monoton, sembari mencari buku yang di Sekolah kami belum tersedia," Paparnya.(Salia W)

Komentar0

Type above and press Enter to search.