GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Desa Leuwikidang Anggarkan 1 M Untuk Wisata Desa

MAJALENGKA,SIDIKJARI.CO.ID,-
Pemerintah Desa Leuwikidang kecamatan Kasokandel kabupaten Majalengka tengah fokus untuk meningkatkan kapasitas dan manajemen agar pemanfaatan dan penggunaan dana desa dapat benar-benar memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan sumber daya masyarakat.

Salah satu program yang sedang direncanakan oleh pemerintah desa Leuwikidang adalah program pembangunan wisata desa, kata Kades Leuwikidang Yaya Nuryadi Saat ditemui di tempat kerjanya pada Rabu (10/11).

Menurutnya, dalam proses merintis desa wisata, masyarakat lokal harus berperan penting dalam pengembangan desa wisata karena sumberdaya, keunikan tradisi dan budaya yang melekat pada komunitas tersebut merupakan unsur penggerak utama kegiatan di desa wisata. 

Di lain pihak, komunitas lokal yang tumbuh dan hidup berdampingan dengan suatu objek wisata menjadi bagian dari sistem ekologi yang berhubungan. 

Dijelaskan Yaya, konsep.Wisata Desa yang direncanakan dibangun dilahan bengkok seluas satu hektar ini diperkirakan akan menelan anggaran 1 M, dan akan dibangun secara bertahap melalui anggaran Dana Desa tahap awal anggaran tahun 2022 mendatang,

"Untuk pembangunan tahap awal saya anggarkan sebesar 350 juta, yang pembagiannya 200 juta untuk pembangunan fisik wisata desa, dan sisanya untuk Bumdes sebagai pengelola," jelasnya.

Kades menambahkan, pembangunan wisata desa selain menggunakan anggaran pemerintah melalui dana desa, tidak menutup kemungkinan pemdes Leuwikidang siap bekerja sama dengan pihak manapun, pungkasnya. (salman)

Komentar0

Type above and press Enter to search.