GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Pemdes Pagandon Serap DD Tahap Pertama Untuk Hotmix Jalan Lingkungan

MAJALENGKA,SIDIKJARI.CO.ID,-
Dalam upaya meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Pedesaan Khususnya di Wilayah desa Pagandon Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka diperlukan sarana, infrastruktur pendukung diantaranya pembangunan sarana jalan lingkungan sebagai media transportasi masyarakat yang cukup memadai, ungkap Nana Suharna kepala desa Pagandon saat ditemui disela-sela kesibukannya. 

Nana menambahkan, Pemerintahan Desa Pagandon melalui hasil musrenbang desa, dan dusun sepakat mengalokasikan anggaran Dana Desa (DD) 2022 tahap pertama untuk Hotmix Jalan Gang sepanjang kurang lebih 2700 m sebagai upaya menunjang aktivitas masyarakat dan penghubung jalan lingkungan.

Pihaknya meminta kepada masyarakat berperan pro-aktif mendukung pelaksanaan pekerjaan itu. sebab menurutnya, salah satu indikator keberhasilan pembangunan desa adalah meningkatnya pemberdayaan masyarakat,

"Desa saat ini punya anggaran lumayan besar, tetapi bukan berarti semua berpangku tangan, peran aktif masyarakat terus mutlak diperlukan, pemuda juga harus tampil mempersiapkan diri untuk menjadi penerus kepemimpinan dan pelaku pembangunan di masa mendatang," tuturnya.

Sementara itu Abi Wiwid salah seorang warga yang juga anggota Karang Taruna setempat, mengatakan, akses jalan Lingkungan di wilayah blok begitu penting, guna mendukung perekonomian desa dan Penataan Lingkungan.

Konsep desa membangun dengan keterlibatan masyarakat, desa sebagai subjek pembangunan bukan sebagai objek, dimana perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan pemerintah desa lah yang mengaturnya.

“Artinya desa kini sudah punya otoritas sendiri, membangun desa melalui pemberdayaan masyarakat,” jelasnya . (salman)

Komentar0

Type above and press Enter to search.