GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

CCS dan SGIE: Istilah Asing yang Digunakan oleh Gibran Rakabuming dalam Debat Cawapres

SIDIKJARI- Cawapres atau Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menarik banyak perhatian dalam debat cawapres Pilpres 2024 yang diglar KPU (Komisi Pemilihan Umum) di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023. Dalam acara debat yang juga menampilkan cawapres Muhaiman Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud Md,

Gibran beberapa kali melontarkan pertanyaan berupa singkatan atau istilah asing kepada lawan debatnya. Hal itu disebit-sebit mirip strategi Presiden Jokowi (Joko Widodo) ketika mengikuti debat capres di Pilpres 2014 dan 2019.

Yang sempat bikin heboh dan viral adalah saat Gibran bertanyakepada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengenai cara mendongkrak peringkat Indonesia di SGIE. SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy. Namun Cak Imin mengaku tak tahu apa itu SGIE.

"Apa itu?," tanya Cak Imin dalam Debat Cawapres yang disiarkan secara live streaming di Liputan6.com. Mengetahui rivalnya tak paham, Gibran kemudian menjelaskan apa itu SGIE? "Kita kan sedang fokus mengembangkan ekonomi syariah, keuangan syariah, otomatis kita juga harus ngerti masalah SGIE, yaitu State of Global Islamic Ecomic. Misalnya yang sudah masuk peringkat 10 besar adalah makanan halal dan skincare halal kita, fashion kita, itu yang saya maksud, Gus," ucap Gibran.

Setelah mendengar penjelasan Gibran, Cak Imin langsung memberi tanggapannya dengan mengatakan, "Memang pertanyaan ini sungguh penting, karena Indonesia dengan jumlah islam terbanyak di dunia sekaligus bukan hanya sebagai pasar ekonomi syariah, pasar pariwisata halal, pasar perbankan syariah, tapi juga punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia."

Selain itu ada pula istilah Carbon Capture and Storage (CCS). Gibran sempat menanyakan hal itu kepada calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md. Wali Kota Solo ini bertanya pada Mahfud soal bagaimana cara membuat regulasi CCS. Mahfud Md pun menjawab langkah pertama yang akan ia lakukan adalah membuat naskah akademik.

Komentar0

Type above and press Enter to search.