GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Raker Fokus JP 2023, Ini Rekomendasi untuk Forkopimda

SIDIKJARI- Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP) menggelar rapat kerja (Raker) 2023 di Kampung Kahuripan Cirangkong, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023). 

Pada raker kali ini, Yuslipar terpilih sebagai Koordinator Fokus JP. Dirinya menggantikan Wahyudin yang sudah menjabat sekitar 7 tahun.

Yuslipar terpilih sebagai Koordinator Fokus JP atas persetujuan dari puluhan jurnalis dari berbagai media yang hadir di raker tersebut.

Yuslipar mengatakan, hasil rapat kerja puluhan Jurnalis Purwakarta yang tergabung dalam Fokus JP merekomendasikan beberapa point untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dan unsur terkait lainnya.

Pertama, kata Yuslipar, dalam upaya mengawal pembagunan Purwakarta yang profesional dan transparan, Pemerintah Daerah dan DPRD, melalui Sekretaris DPRD agar mempermudah akses terhadap salinan buku Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) khususnya kepada para jurnalis.

"Selama ini, akses pers terlebih masyarakat terhadap APBD Purwakarta yang merupakan dokumen publik tersebut masih terbilang sulit," ujar Yuslipar, Kamis (21/12/2023).

Kemudian, lanjut Yuslipar, Fokus JP juga merekomendasikan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Diskominfo agar lebih berperan aktif lagi dalam upaya peningkatan kualitas Pers Purwakarta. Diantaranya ditempuh melalui kerjasama pelatihan jurnalis, seminar maupun FGD bertajuk Pers.

Lalu, pria yang dikenal dengan Om Awih itu mengatakan, Pemerintah Daerah maupun DPRD diminta membuka ruang dan melibatkan unsur Pers dalam setiap agenda kunjungan kerja dan kegiatan sejenis lain yang dilaksanakan di luar daerah sebagai bentuk transparansi sekaligus memastikan tidak adanya lagi kasus perjalanan dinas fiktif seperti yang diduga sudah sering terjadi sebelumnya.

Sementara, untuk jajaran Polri, TNI, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri dan unsur stakeholder lainnya di Purwakarta, Om Awih menyebutkan, Fokus JP mengeluarkan rekomendasi untuk terus meningkatkan hubungan kemitraan yang baik dengan Pers dalam rangka bersama-sama menciptakan kondusifitas daerah. Sekaligus turut serta mengawal terciptanya sistem pemerintahan yang bersih dan demokratis.

Sebagai penutup, ia menyampaikan bahwa para awak media yang tergabung dalam Fokus JP juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang secara bersama-sama telah membangun kemitraan dengan para awak media di Kabupaten Purwakarta.

Komentar0

Type above and press Enter to search.