GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Menangis bisa membatalkan puasa? inilah 7 Mitos di bulan Suci Ramadhan, Nomor 6 Jangan Berlebihan

Ilustrasi Menangis (Freepik)

SIDIKJARI- Setiap umat islam diwajibkan untuk puasa di bulan Ramadhan dan melakukan sejumlah amal ibadah yang akan mendatangkan limpahan pahala.

Di balik kemuliaannya terdapat beberapa mitos di bulan Ramadhan yang masih dipercaya banyak orang tentang mitos-mitos ini terus berkembang hingga melekat di tengah masyarakat.

Dilansir kanal YouTube MBAH GONDRONG GHOST HUNTER, Apa saja mitos di bulan Ramadhan yang hanya omongan belaka mengingat Ramadan 2023 telah tiba informasi seperti ini perlu diketahui tak sedikit mitos yang berkembang justru akan membahayakan kesehatan seseorang.

Itulah sebabnya umat Islam harus memahami mitos dan fakta puasa di bulan Ramadhan agar bisa menjalankannya dengan sebaik mungkin.

Berikut ini beberapa mitos yang ada di bulan Ramadhan dan masih banyak orang mempercayainya. 


1. Mandi

Mitos di bulan Ramadhan yang pertama yaitu mandi yang dilakukan saat seseorang puasa hukumnya makruh sehingga sebaiknya tidak dilakukan,

Faktanya tidak ada dalil-dalil yang mengatakan hal tersebut justru mandi ketika berpuasa harus dilakukan untuk menjaga kebersihan diri.

2. Menangis

Menangis menjadi mitos di bulan Ramadhan yang menjadi sebab batalnya puasa dan saat ini masih banyak orang yang mempercayainya.

Padahal menangis adalah suatu respon tubuh seseorang ketika ia mendapatkan rangsangan emosional atau terkena sat tertentu.

Seperti bawang cairan yang keluar dari mata tidak dapat membatalkan puasa, karena bukan termasuk kotoran yang tergolong najis kecuali jika umat Islam sengaja menelannya baru dapat membatalkan puasa Ramadhan.

3. Kumur - kumur 

Kumur-kumur dipercayai dapat membatalkan puasa sehingga terkadang menyebabkan sejumlah orang kebingungan saat orang kebingungan saat wudhu terkait isu yang berkumur tersebut bisa membatalkan puasa.

Ini hanyalah mitos lantaran berkumur adalah kegiatan mencuci area mulut dan tidak masuk ke dalam kerongkongan.

Berkumur menjadi salah satu tindakan untuk menjaga kebersihan sehingga tidak membatalkan puasa, kecuali menelan air kumur secara sengaja.

4. Mengorek Telinga dan Hidung 

Mitos di bulan Ramadhan selanjutnya mengorek telinga atau hidung ketika bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa, faktanya hal ini tidak akan membatalkan puasa meskipun kamu dengan sengaja memasukan suatu benda untuk membersihkan ke dalamnya.

Karena saat mengorek telinga atau hidung kita tidak memasukkan cairan ataupun makanan ke dalam tubuh justru hal tersebut akan membuat tubuh jadi semakin bersih dan nyaman.

5. Olahraga

beberapa orang percaya mitos di bulan Ramadhan yang melarang untuk berolahraga, faktanya itu tidak hanyalah mitos olahraga justru akan membugarkan tubuh namun umat Islam dianjurkan olahraga di jam-jam tertentu seperti menjelang buka puasa sambil menunggu azan maghrib.

6. Makan Banyak Saat Sahur 

saat sahur agar tidak lapar sebagian orang akan makan banyak saat sahur agar mereka tidak kelaparan ketika menjalani puasa.

Namun hal ini hanyalah mitos belaka dan justru akan menyebabkan masalah.

lantaran makan dengan jumlah banyak dalam satu waktu ini bisa meningkatkan risiko terkena obesitas dan diabetes.

Makan banyak saat sahur juga menyebabkan perut kamu bisa kembung dan tidak nyaman.

7. Tidak Masalah Jika Tidak Sahur

Sahur ini merupakan salah satu sunnah yang di anjurkan ketika akan menjalani puasa di bulan Ramadhan. 

sebaiknya umat Islam tidak melewatkan makan sahur karena tidak makan saat sahur akan menyebab seseorang dehidrasi dan kekurangan energi sehingga membuat tubuh lemas di sepanjang hari.

Komentar0

Type above and press Enter to search.