GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Disdik Purwakarta Terapkan Pendidikan Anti Korupsi

PURWAKARTA,SIDIKJARI.CO.ID,-
Kabupaten Purwakarta adalah salahsatu daerah yang telah menetapkan Perkada untuk penyelenggaraan pendidikan anti-korupsi. Hal ini tidak lepas dari visi pendidikan karakter siswa di lingkup Kabupaten Purwakarta. 

Demekian halnya disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto, Selasa (24/08/2021) kepada awak media.

Ia menegaskan bahwa pihaknya punya komitmen kuat untuk membenamkan kesadaran anti-korupsi kepada para siswa.  Pendidikan anti-korupsi jelas harus diperkenalkan kepada para siswa sejak awal. 

"Sehingga, mereka punya kesadaran yang mumpuni terhadap korupsi. Hal ini akan menjadi ‘rem’ di kemudian hari untuk mereka agar tidak terlibat praktek korupsi dalam segala bentuk,” katanya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pendidikan anti-korupsi adalah satu dari sekian banyakpilar pendidikan karakter yang di-implementasikan di Kabupaten Purwakarta. 

Purwakarta punya 5 Program Penguatan Pendidikan Karakter, yaitu 1. Tujuh Poè Atikan Istimèwa, 2. Pendidikan Anti Korupsi, 3. Tatanèn di Balè Atikan, 4. Sekolah Ramah Anak dan 5. Pendalaman Kitab-kitab. Semua program tersebut telah di-perda-kan baru-baru ini dan sedang tahap fasilitasi di Propinsi.

"Pentingnya pendidikan anti korupsi masuk ke Perda pendidikan agar mengikat pada pemerintah, khususnya Dinas Pendidikan untuk melaksanakan pendidikan ini di sekolah-sekolah yang diinsersikan ke dalam kurikulum, juga dalam pembiasaan-pembiasaan di lingkungan sekolah. Sehingga bersifat wajib dilaksanakan,” ucapnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.