GUYoGpApTSrlBSY5TpC8BSd8Ti==

Siapa yang Bertanggung Jawab Pj Bupati Atau Sekda? Pemda Purwakarta dan Kejadian Defisit Anggaran


Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan dan Sekda, Norman Nugraha

SIDIKJARI- Tepat 100 hari PJ Bupati Purwakarta Benni Irwan memimpin, namun terdapat juga kritikan yang dilontarkan DPC Pospera Purwakarta. Hal ini dikarenakan tidak adanya pergerakan yang signifikan untuk kemajuan Purwakarta. 


Selain itu, terjadi carut marut dalam pengelolaan anggaran di BKAD atau dinas-dinas lain, serta kurang maksimalnya pemungutan pajak oleh Bapenda. 

"Semua hal ini menyebabkan masalah besar bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta,"ungkap Ketua DPC Pospera, Rabu,(20/12/2023). 

Lantas siapa yang salah dalam masalah ini Pj Bupati Purwakarta atau Sekda?

menurut Tisna, Sekda Purwakarta seharusnya mengantisipasi kejadian defisit anggaran seperti ini. Karena sudah tidak perlu dipungkiri lagi, bahwa kejadian seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Purwakarta. 

Bahkan, dapat dikatakan bahwa masalah ini sudah menjadi hal yang umum di Pemda Purwakarta. Defisit anggaran yang terjadi telah menyebabkan daerah ini terbebani dengan utang yang semakin menumpuk.

Selain itu, terdapat juga masalah yang berkaitan dengan kurang maksimalnya pelaksanaan program dan proyek di Purwakarta. Hal ini dikarenakan ada beberapa dinas yang kurang melakukan tugasnya dengan baik.

" tidak heran jika terjadi carut marut dalam pengelolaan anggaran di BKAD dan dinas-dinas lain di Purwakarta,"katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemungutan pajak oleh Bapenda juga menjadi masalah yang tidak dapat diabaikan. 

Karena hal ini menyangkut pendapatan daerah yang menjadi sumber utama untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Namun, kekurangan dalam pengumpulan pajak ini menunjukkan bahwa ada ketidakmaksimalan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Seperti DBHP jadi utang,PAD yang kurang maksimal,dan stumpuk masalah di kabupaten dengan segudang penghargaan ini.

"Dengan segudang penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Purwakarta, seharusnya dapat menjadi dorongan bagi Pemda untuk melakukan langkah-langkah yang lebih baik dalam pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah,"ucapnya.

Namun, dengan adanya masalah yang masih terus terjadi, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat tentang keberhasilan Pemda dalam memajukan Purwakarta.

Maka dari itu, Sekda Purwakarta seharusnya lebih peka dan proaktif dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi di daerah tersebut. 

Selain itu, perlu ada koordinasi yang lebih baik antara dinas-dinas terkait untuk mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang ada. 

"Karena, keberhasilan tercapainya kemajuan Purwakarta tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen di Pemda Purwakarta,"pungkasnya.



Komentar0

Type above and press Enter to search.